PRESS RELEASE OPEN TALK 2023

PRESS RELEASE DAPAT DIUNDUH DISINI

Akademik

1.Terkait dengan pemrograman KRS, mengapa tidak ditentukan jam pelaksanaannya dan apakah memungkinkan jika pilihan mata kuliah diunggah pada jam yang sama?

Tanggapan: Pada awal semester, dari pihak Universitas telah menetapkan tanggal KRS. Sistem telah dibuka untuk seluruh mata kuliah namun, tidak dapat diatur jamnya. Oleh karena itu, pihak fakultas akan mempertimbangkan terkait penetapan jam pembukaan KRS dengan himbauan mahasiswa harus mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan. 

2. Aturan berpakaian mahasiswa Fakultas Farmasi agar lebih dipertegas kembali karena terdapat beberapa mahasiswa yang tidak patuh terhadap aturan berpakaian saat mengikuti KBM.

Tanggapan: Pihak fakultas merencanakan pembuatan X-banner untuk memperjelas ketentuan berpakaian mahasiswa Fakultas Farmasi yang akan dipasang di tempat strategis.

3. Terdapat beberapa mahasiswa yang kurang memahami alur mengikuti magang mandiri. Apakah pihak fakultas dapat memberikan informasi yang runtut dan jelas terkait hal tersebut?

Tanggapan: Di Fakultas Farmasi, program MBKM tidak dapat dikonversi dalam sistem SKS karena tidak linier dengan mata kuliah wajib yang ada. Adapun program magang mandiri dapat dilakukan di apotek yang disarankan oleh pihak fakultas dengan persetujuan Wakil Dekan Bidang Akademik.

4. File materi perkuliahan apakah dapat diunggah terlebih dahulu pada MMP sebelum jadwal perkuliahan dimulai?

Tanggapan: Kesibukan yang berbeda dari setiap dosen menyebabkan terjadinya keterlambatan pengunggahan atau pembukaan akses materi perkuliahan.

Sarana dan Fasilitas

1.Apakah dapat dilakukan perbaikan fasilitas, seperti kursi, LCD, speaker, dan mic serta beberapa atap yang mengalami kebocoran di ruang kelas?

Tanggapan: Apabila terdapat masalah mengenai fasilitas dapat disampaikan kepada penanggung jawab yang tertera di pintu setiap ruang kelas.

2. Beberapa mahasiswa mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan seperti cat-calling dari beberapa petugas kebersihan. Oleh karena itu, diharapkan petugas kebersihan dapat diberi arahan mengenai hal tersebut.

Tanggapan: Menanggapi fenomena cat-calling, pihak fakultas akan melakukan pembinaan khusus kepada petugas kebersihan dan sosialisasi terkait SATGAS PPKS (Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual) kepada mahasiswa. Jika mahasiswa menerima tindakan kurang menyenangkan dari petugas kebersihan, maka dapat membuat petisi yang dikoordinir oleh BPMF Farmasi dan akan disampaikan ke pihak dekanat.

3. Apakah kebersihan lingkungan Fakultas Farmasi, seperti toilet, kantin, dan ruang kelas dapat ditingkatkan kembali?

Tanggapan: Pihak fakultas telah memberi arahan kepada petugas untuk membersihkan area fakultas. Selain itu, civitas akademika wajib menjaga kebersihan dengan memanfaatkan tempat sampah yang disediakan. Apabila terdapat kegiatan Ormawa, diharap untuk memasukkan sampah ke dalam kantong plastik dan diletakkan pada Tossa milik Fakultas Farmasi

4. Apakah dapat dilakukan perluasan jaringan WiFi pada beberapa area fakultas?

Tanggapan: Pihak fakultas akan menambah router Wi-Fi pada area kantin, gedung Ormawa, dan sekitar Laboratorium Farmasetika.

5. Apakah memungkinkan disediakan tempat helm agar terlihat rapi dan tidak basah karena hujan?

Tanggapan: Saat ini pihak fakultas belum dapat memfasilitasi tempat helm bagi mahasiswa karena keterbatasan lahan kosong di area fakultas.

6. Bagaimana mekanisme pencucian mukena di musala? Apakah memungkinkan disediakan keset dan pemasangan lampu pada pintu masuk musala bagian perempuan?

Tanggapan: Perawatan mukena telah dilakukan secara rutin. Jika masih terdapat mukena yang kurang bersih, dapat melapor kepada petugas yang bertanggung jawab terhadap kebersihan musala. Mengenai lampu pada pintu masuk musala bagian perempuan akan diperiksa kembali oleh petugas.

7. Apakah memungkinkan dilakukan fogging di lingkungan Fakultas Farmasi Universitas Jember?

Tanggapan: Pihak fakultas sudah mengajukan ke puskesmas untuk melakukan fogging karena kegiatan ini tidak dapat diadakan sendiri oleh fakultas.

8. Kami berharap referensi dan buku di ruang baca dapat lebih diperbanyak. Selain itu, diharapkan adanya penegakan peraturan baik untuk mahasiswa maupun penjaga ruang baca, seperti larangan membuat kegaduhan sehingga tercipta suasana yang lebih nyaman.

Tanggapan: Fakultas telah mengalokasikan dana untuk menambah inventaris buku-buku baru di Ruang Baca pada triwulan ketiga tahun ini. Selain itu, sidang skripsi direncanakan akan dilakukan di Gedung ISDB dan tidak lagi di ruang baca serta akan ditambahkan banner peraturan bagi pengunjung Ruang Baca.

9. Apakah dapat dilakukan perbaikan AC di laboratorium?

Tanggapan: Perbaikan AC pada laboratorium telah diproses oleh pihak fakultas, namun hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama karena AC menggunakan sistem cassette.

10. Apakah memungkinkan untuk dibangun tempat belajar mahasiswa di sekitar lingkungan Fakultas Farmasi?

Tanggapan: Pembangunan tempat belajar akan direncanakan dengan perbaikan musala lama dan penambahan gazebo di area kantin.

11. Apakah dapat dilakukan perbaikan paving pada lingkungan Fakultas Farmasi?

Tanggapan: Pihak fakultas masih kesulitan dalam menemukan solusi mengenai masalah tersebut. Namun, sebelumnya telah dicoba dengan penyemprotan herbisida untuk memperlambat tumbuhnya lumut pada area paving.

12. Laboran pada Laboratorium Fitokimia dan Kimia Medisinal terkadang memberikan alat praktikum yang tidak sesuai dengan kebutuhan ataupun memberikan alat yang telah rusak pada mahasiswa sejak awal. Apakah terdapat tindakan yang dapat dilakukan terhadap hal tersebut?

Tanggapan: Mengenai kesalahan laboran pada Laboratorium Fitokimia dan Kimia Medisinal dalam memberikan alat praktikum, mahasiswa dapat melakukan pengecekan kembali kondisi dan kelengkapan alat praktikum sebelum digunakan. Apabila terdapat keluhan, mahasiswa dapat menyerahkan pernyataan tertulis dengan menyertakan tanda tangan yang akan dikoordinir oleh BPMF Farmasi untuk disampaikan ke pihak dekanat.

13. Bagaimana solusi dari display yang mengecil saat menggunakan PC di Aula 2?

Tanggapan: Akan direncanakan penggantian PC dengan laptop milik fakultas agar display tidak mengecil.

You may also like...